Ibnu Qayyim Al Jauziyyah, Kamus Segala Pengetahuan Ilmiah

Beliau adalah imam ‘allâmah dengan otak yang cemerlang, bintang ilmu antara akhir abad ke-7 dan abad ke-8, muhaqqiq dan hâfidz bertinta emas. Beliau adalah ushûliy, fakih dan ahli nahwu dengan wawasan yang begitu luas. Beliau adalah Syamsuddin Abu Abdilah Muhammad bin Abi Bakr bin Ayyub bin Sa’ad bin Hurraiz Az Zari, lebih dikenal dengan Ibnu Qayyim Al Jauziyyah. Dilahirkan di tengah keluarga berilmu dan terhormat pada tanggal 7 Shafar 691 H, di desa Zara’ dari perkampungan Hauran sebelah tenggara Damaskus.

Tidaklah aneh jika beliau tumbuh menjadi imam yang dalam dan luas pengetahuannya, sebab beliau dibentuk pada masa ilmu menggapai kejayaannya. Beliau banyak belajar dari ulama-ulama besar yang ada pada waktu itu. Beliau mendengar hadist dari Asy Syihab An Nablisi, Ismail bin Maktum dan lain-lain.
Beliau pun belajar berbagai disiplin ilmu seperti ilmu faraidh, bahasa arab, ilmu ushul serta ilmu-ilmu lainnya. Bukan hanya sekedar belajar, beliau juga menekuni dan ahli dalam bidang ilmu tersebut. Beliau banyak belajar fiqih dari Syaikh al Islâm Ibnu Taimiyah dan Syeikh Isma’il bin Muhammad al-Harraniy. Hingga akhirnya beliau memutuskan untuk ber-mulâzamah dengan syeikh Ibnu Taimiyah dan mendengar pendapat-pendapatnya dengan penuh kematangan dan cermat.

Banyak faedah yang beliau dapatkan sebagai hasil dari mulâzamah-nya. Diantaranya dan yang terpenting adalah berdakwah mengajak orang untuk berpegang teguh kepada Al Qur’an dan As Sunnah, memahami keduanya sesuai dengan apa yang difahami as salaf ash shâlih, menjalankan segala perintah agama dan menjauhi larangannya serta membersihkannya dari segala jenis bid’ah yang disebarkan para ahli bid’ah.
Penguasaan beliau terhadap ilmu tafsir tiada duanya, pemahamannya mengenai ilmu ushuluddin mencapai puncaknya, pengetahuannya mengenai hadits dan maknanya serta istinbâth-istinbâth detail beliau sulit dicari tandingannya. Maka, tidaklah berlebihan jika beliau disebut sebagai kamus segala pengetahuan ilmiah.

Imam ibnu Qayyim Al Jauziyyah benar-benar telah menyiapkan dirinya untuk mengajar, berfatwa, menyusun karya dan berdialog dengan siapa pun yang menginginkan penjelasan hingga akhir hayatnya tahun 751 H. Karena itulah banyak dari ulama ternama yang sudah tidak diragukan lagi kapasitas ilmunya menjadi murid beliau. Diantara mereka adalah: anak beliau sendiri Syarafuddin Abdullah dan Ibrahim, imam Ibnu Katsir penyusun kitab Al Bidâyah Wa An Nihâyah, al hâfidz imam Abdurrahman Ibn Rajab Al Hanbali Al Baghdadi penyusun kitab Thabaqât al-Hanâbilah, Muhammad bin Ahmad bin Utsman bin Qaimaz adz-Dzhahabi at-Turkumaniy asy-Syafi’I dan lain-lain.

Pribadinya yang agung sangat menunjukkan bahwa beliau adalah cerminan dari sosok imam yang sangat berpegang teguh pada Al Qur’an dan As Sunnah. Akidah beliau begitu jernih tidak ternodai oleh sedikit kotoran apapun. Manhaj serta hadf beliau rahimahullâh adalah kembali kepada mashâdir islam yang bersih dan tidak dikotori oleh pendapat-pendapat ahlu al ahwâ’ wa al bida’ – ahli bid’ah – serta tipu daya mereka yang suka mempermainkan agama. Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan keluasan rahmat-Nya kepada beliau. Wallâhu a’lam bi as shawâb.

Posted by Abu Nashar Bukhari | Pada Sabtu, Desember 05, 2009

0 komentar:

Posting Komentar